Sejarah

Sejarah Dua Tanah Suci di Museum Kabah, Mekkah

By September 25, 2019 October 16th, 2019 No Comments

AQUTOUR.COM – Selain melakukan ibadah Umroh dan sholat di Masjidil Haram, Kota Mekkah ternyata memiliki Museum Kabah yang berisi sejarah dua Tanah Suci, yaitu berdirinya Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Museum Kabah atau dikenal Museum Haramain merupakan museum yang menyimpan barang-barang kuno yang punya nilah sejarah tinggi seiring perkembangan dua Masjid Suci, Museum Haramain ini terletak di kota Mekkah, tepatnya perbukitan Ummul Joud, Mekkah. Atau sekitar 10 kilometer dari Masjidil Haram.

Masuk ke dalam museum ini, ada ruangan yang disesuaikan dengan tema, Ruang Masjidil Haram menyimpan barang purbakala dan inskripsi yang berhubungan dengan Masjidil Haram. Sedangkan Ruang Kabah menyimpan benda-benda bersejarah seputar Kabah. Ada kiswah, pintu Kabah hingga kayu penyangga Kabah, jam matahari untuk menentukan waktu salat hingga lentera yang disimpan di depan pintu masjid suci.

Museum ini tutup pada Kamis dan Jumat dan menyesuaikan hari libur Arab Saudi. Namun, untuk musim haji, museum ini buka dua sesi dalam satu hari. Sesi pertama buka pada jam 8 pagi-3 sore. Tutup setelah jam 3 sore dan buka kembali pada jam 4 sore-10 malam.

Masuk dalam museum ini kita bisa menambah wawasan keteguhan iman karena memuat bukti jejak peninggalan bersejarah awal Islam berdiri melalui napak tilas pembangunan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sampai sekarang.

Leave a Reply

1
Assalammualaikum warohmatullohi wabarokatuh, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by