Sejarah

Belanja Murah di Pasar Kakiyah Mekkah

By October 23, 2019 No Comments

Jika Anda berkunjung ke kota Mekkah dan ingin berbelanja murah untuk oleh-oleh keluarga di tanah air jangan lupa sempatkan untuk mampir ke Pasar Kakiyah yang berlokasi di jalan Umm al-Mu’mineen Umm Salama, sekitar 20 kilometer dari Makkah yang letaknya dekat dengan pasar hewan Kakiyah itu tersedia aneka jenis kurma dan pernak pernik lainnya, jumlahnya mencapai sekitar 740 jenis

Tersedia kurma di pasar Kakiyah yang paling diminati jamaah haji dan umroh dari Indonesia adalah kurma jenis Ajwa dan Sukkari. Kurma Ajwa, dalam banyak riwayat merupakan kurma favorit yang digemari Rasulullah ﷺ serta aneka ragam asesories dan pakaian semisal gamis dan koko serta kpoiah untuk keperluan sholat.

Harga kurma yang ditawarkan di pasar Kakiyah ini bervariasi. Kualitas super dihargai 50 riyal per kilogram, kualitas dua diharga 35 riyal dimana sebagian besar kurma-kurma tersebut didatangkan dari Madinah dan Qashim sedangkan untuk pakaian dan asesories juga bervariasi mulai dari 5 riyal hingga 200 riyal.

Alhamdulillah Jamaah Umroh AQU Tour & Travel program 10 hari 2x Jumat plus city tour Dubai keberangkatan 26 September 2019 berkesempatan mengunjungi pasar Kakiyah untukberbelanja oleh-oleh kurma untuk dijadikan buah tangan keluarga tercinta di tanah air. Namun Alhamdulillah para jamaah AQU Tours selalu tak lupa untuk membaca doa masuk pasar nih gaes!

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَخَلَ سُوقاً مِنَ الأَسْوَاقِ، فَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ، وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ

Artinya:

Barangsiapa masuk pasar, kemudian dia membaca:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAAHA ILLALLAAH WAHDAHU LAA SYARIIKA LAH, LAHUL-MULKU WA LAHUL-HAMDU, WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI’IN QODIIR.

(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu)

Siapa yang membaca doa di atas ketika masuk pasar, Allah akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.”

Dzikir ini sangat ringan, namun memberikan nilai pahala sangat besar. Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena dzikir ini dibaca di pasar. Di baca di tempat umumnya manusia lupa Allah, jauh dari ibadah.

Di saat manusia dalam kondisi lupa Allah, ada diantara hamba-Nya yang justru berdzikir dan mengingat Sang Pencipta. Di saat semua manusia sibuk dengan dunia dan perdagangannya, dia justru menjadi orang yang ingat Allah. Banyak berdzikir ketika di masjid, atau ketika di tengah majlis dzikir, adalah perbuatan yang lumrah. Namun berdzikir di tempat umumnya orang lupa Allah, adalah amalan yang istimewa.

.

So, tunggu apalagi? Yuk niatkan diri kamu semua untuk mengunjungi tanah suci demi menunaikan Ibadah Umroh yang sangat besar pahalanya disisi Allah Ta’ala ini bersama AQU Tour & Travel ya!

Leave a Reply

1
Assalammualaikum warohmatullohi wabarokatuh, ada yang bisa kami bantu ?
Powered by